Sabtu, 23 Juni 2018

Terapkan 4 Hal pada Anak untuk Orang Tua yang Sibuk Bekerja


Tips parenting bagi orang tua yang sibuk bekerja terkadang memang sulit untuk dilakukan. Alasannya apalagi kalau mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Padahal sesibuk apapun, anak Anda tetaplah membutuhkan kehadiran orang tuanya. Bagi Anda yang tergolong orang tua sibuk maka ada menerapkan 4 hal ini untuk buah hati.

1. Selalu Sediakan Waktu Setiap Harinya


Memang benar, bahwa sebagai pekerja Anda sulit sekali membagi waktu antara karir dengan si kecil. Padahal si kecil bukan hanya membutuhkan uang tapi juga kehadiran Anda sebagai orang tuanya. Cukup dengan menyediakan waktu bagi mereka setiap harinya saja. Tidak perlu waktu yang bagaimana, asalkan waktu tersebut berkualitas maka kuantitias tidak terlalu penting lagi. 

Anda bisa menyediakan waktu seperti saat sedang sarapan atau malam hari untuk mendengar keluh kesah si kecil. Hal ini sangat berguan untuk membuat si kecil tidak pernah merasa ditinggalkan oleh orang tuanya. Jadi meskipun sibuk bekerja tapi si kecil tetap merasakan kehadiran Anda sebagai orang tuanya.

2. Jangan Menggantikan dengan Uang


Tidak bisa dipungkiri banyak orang tua yang menghabiskan waktunya untuk bekerja merasa bersalah dengan si kecil. Kondisi inilah yang kemudian membuat orang tua mencoba menembus rasa bersalah tersebut dengan terus memberikan uang pada si kecil. Sayangnya, hal ini hanya akan membuat anak menjadi manja tapi tetap tidak merasakan kehadiran orang tuanya. 

Jadi dalam ilmu parenting, kasih sayang tidak bisa digantikan dengan uang sebesar apapun. Anak tetap membutuhkan kehadiran orang tuanya untuk membuat mereka merasa kehadiran mereka memang diinginkan. Jadi dalam jadwal sesibuk apapun, Anda sebagai orang tuanya tetap mesti hadir sebagai orang yang selalu ada untuk mereka.

3. Jangan Terlalu Sering Ganti Pengasuh


Banyak orang tua yang disibukkan dengan pekerjaannya di luar rumah akan memberikan tugas mengasuh anak pada pengasuh. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dengan beberapa catatan. Salah satu catatan yang tidak boleh dilanggar adalah jangan terlalu sering ganti pengasuh. Soalnya hal ini akan berdampak tidak baik pada psikologis si anak. 

4. Berikan Pengawasan Terbaik Anda


Terakhir adalah dengan tidak pernah menurunkan pengawasan Anda sebagai orang tua kepada anak. Tetap perhatikan tumbuh kembang mereka, kebutuhan mereka dan respon mereka terhadap lingkungan. Ini sangat penting agar Anda mengetahui perkembangan si kecil meskipun Anda tidak setiap waktu ada untuk mereka. Jadi si kecil tidak merasa diabaikan oleh orang tuanya. 

Jadi meskipun Anda tergolong orang tua yang sibuk bekerja maka perhatian terhadap anak tetap harus diprioritaskan. Empat tips parenting yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan acuannya. Soalnya anak Anda tetaplah seperti anak lainnya yang membutuhkan perhatian dan juga kehadiran orang tuanya. 

0 komentar:

Posting Komentar