Senin, 01 Oktober 2018

Bahaya bawang putih jika kontak langsung dengan kulit


Ada seorang wanita di Inggris yang menderita infeksi jamur di kulitnya. Kemudian ia mencoba untuk mengobatinya sendiri dengan menggunakan bawang putih. Namun, penyakitnya itu malah semakin memburuk.

Dilansir dari laman Livescience, bawang putih memang dikenal dari ribuan tahun lalu sebagai perawatan kesehatan. Tidak heran jika wanita berumur 40 tahun tersebut mencoba menggunakan bawang putih mentah untuk mengobati infeksi jamurnya di bagian kulit dan kuku kaki sebelah kiri. Namun, ia sepertinya belum memahami bahaya bawang putih apabila kontak langsung dengan kulit manusia.

Wanita tersebut memotong bawang putih mentah yang kemudian meletakkan irisan bawang ke kakinya hingga empat jam sehari selama empat minggu. Tindakan tersebut ternyata tidak berhasil, kaki wanita tersebut masih memiliki infeksi jamur, kulit kakinya memerah, dan melepuh, jelas dokter yang merawat wanita tersebut yang seorang ahli bedah plastik di Universitas Oxford, National Health Service Foundation Trust, Dr. Kai Wong.

Apa yang dialami wanita itu ternyata disebabkan oleh senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih. Senyawa tersebut dapat membakar dan menyebabkan iritasi pada kulit. Ini juga yang dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi, yang kemudian menimbulkan lebih banyak ruam atau eksim.

Akibat Mengobati Luka Pakai Bawang Putih

Tingkat keparahan luka bakar yang disebabkan bawang putih tergantung dari jumlah dan lama waktu yang digunakan, termasuk juga sensitifitas kulit, menurut Dr. Lisa Maier, profesor klinis dermatology di University of Washington School of Medicine

Nah, setelah mengetahui informasi ini, ada baiknya kalau anda tidak sembarangan dalam mengobati infeksi jamur semacam ini. Biasanya infeksi jamur dapat diobati menggunakan terbinafine dan clotrimazole atau dengan anti jamur oral yang diresepkan oleh dokter.

0 komentar:

Posting Komentar