Rabu, 27 Februari 2019

Mengenal Luka Infeksi dan Penanganannya


Dalam kehidupan dan saat menjalani aktifitas keseharian bukan tidak mungkin kita akan terluka. Berhati-hati menjadi hal yang sangat diperlukan agar Anda tidak terluka. Namun jika hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu panik. Kenali jenis dan cara penanganannya, maka Anda akan terhindar dari luka infeksi.

Apa ciri yang dimiliki oleh luka yang infeksi? Tidak semua luka menimbulkan infeksi. Luka infeksi memiliki beberapa ciri berikut adalah diantaranya. 

1. Luka mengeluarkan nanah, tubuh kita memiliki antibody sendiri salah satu antibody yang dimiliki oleh tubuh adalah sel darah putih. Sel darah putih ini berperan melawan atau membunuh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya pada luka yang ada di tubuh. Sel darah putih yang mati saat melawan kuman akan berubah menjadi nanah. Sehingga jika luka Anda bernanah maka sudah dapat dipastikan terdapat bakteri atau kuman di luka tersebut. Semakin banyak nanah yang ada pada luka tersebut maka diperkirakan semakin banyak kuman atau bakteri yang ada di sana.

2. Luka membengkak. Bengkak merupakan salah satu ciri adanya peradangan pada tubuh. Jika luka Anda mengalami pembengkakan maka diindikasikan pada luka tersebut telah terjadi peradangan yang disebabkan oleh bakteri atau kuman.

3. Daerah di sekitar luka menjadi merah. Ciri lain yang mengindikasikan terjadi infeksi pada luka adalah dengan memerahnya daerah di sekitar luka. Tanda merah ini biasanya diiringi dengan rasa perih ataupun panas. 

Untuk mengatasi agar luka tidak infeksi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah kebersihan luka. Pastikan luka Anda bersih sehingga terhindar dari bakteri dan kuman. Anda dapat membersihkan luka Anda dengan menggunakan alkohol dan air. 

Selain dari itu pastikan luka tertutup sempurna agar tidak terinfeksi lagi oleh kuman. Anda dapat menggunakan plester transparan anti air hansaplast. Hansaplast memiliki tingkat kerekatan yang sempurna sehingga tidak memungkinkan air dapat masuk. Selain dari itu hansaplast menyediakan plester anti air untuk anak dengan ukuran yang pas bagi buah hati Anda.

0 komentar:

Posting Komentar